Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Kimia Kelas X




UNIT KEGIATAN BELAJAR
(UKB Kimia-1.01.01)

1. Identitas
a.       Nama Mata Pelajaran             : Kimia X
b.      Semester                                  : 1 (satu)
c.       Kompetensi Dasar                 

3.  1.   Menjelaskan metode ilmiah, hakikatilmu Kimia,  keselamatan dankeamanan  di laboratorium, sertaperan kimia dalam kehidupan
4. 1.    Menyajikan hasil rancangan danhasil percobaan ilmiah
Indikator pencapaian Kompetensi:
3. 1. 1.      Menyebutkan produk-produk kimia dalam kehidupan, misalnya sabun, detergen, pasta gigi, shampo, kosmetik, obat, susu, keju, mentega, minyak goreng, garam dapur,  asam cuka dan lain lain.
3. 1. 2.      Menjelaskan tentang peran kimia dalam perkembangan ilmu lain (farmasi, geologi, pertanian, kesehatan) dan peran kimia dalam menyelesaikan masalah global.
3. 1. 3.      Menjelaskan artikel tentang hakikat ilmu kimia. metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium
3. 1. 4.      Mengenal alat-alat dan bahan kimia serta tata tertib laboratorium.
4. 1. 1.      Membuat kesimpulan tentang kerja seorang ilmuwan kimia dalam melakukan penelitian untuk memperoleh produk kimia menggunakan metode ilmiah meliputi: penemuan masalah, perumusan masalah, kajian pustaka, menentukan variabel, membuat hipotesis, melakukan percobaan dan mengolah data serta membuat laporan.
4. 1. 2.      Merancang dan melakukan percobaan terkait kerja ilmiah, misalnya menentukan variabel yang mempengaruhi kelarutan gula dalam air.
4. 1. 3.      Mempresentasikan laporan hasil percobaan kelarutan gula terkait dengan kerja ilmiah.

a.       Materi Pokok            :     Hakikat dan Peran Kimia dalam kehidupan serta Metode Ilmiah
b.       Alokasi Waktu            :     9 JP
Tujuan Pembelajaran      :  
  
Melalui diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis, peserta didik dapat memahami metode ilmiah, hakikat ilmu kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan dari masalah kontekstual dan dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan metode ilmiah, hakikat ilmu kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan, sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).
1. Kegiatan Pembelajaran

a.     Pendahuluan
Setiap orang pasti menginginkan untuk bisa hidup sehat. Baik itu dicapai dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat, minuman sehat, pola hidup yang sehat atau dengan melakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Untuk bisa memulai hidup sehat kita harus bisa menghindari penyebab yang membuat tubuh kita menjadi sarang penyakit. Faktor enyebab yang terbanyak adalah dari makanan dan lingkunngan tempat tinggal kita, dimana rentan sekali penyebaran penyakit terjadi yang kemudian berefek yang sangat fatal pada tubuh kita meski kita baru akan menyedarinya setelah sekian lama mengendap dalam tubuh kita. Beberapa jenis produk yang ada dalam kehidupan keseharian kita yang mengandung bahaya bagi kesehatan tubuh kita antara lain makanan dan minuman instan, pemutih pakaian dan spray pengharum atau obat nyamuk
Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan jawaban anda.
Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian membaca dan memahami cerita di bawah ini.
Untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut, silahkan kalian lanjutkan ke kegiatan belajar berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.
 
a.     Kegiatan Inti
1)       Petunjuk Umum UKB
Baca dan pahami materi pada Buku Teks :
Sudarmo, Unggul. 2016. Kimia Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga Susilowati, Endang; Harjani, Tarti. 2013. Kimia 1. Solo: PT. Wangsa Jatra Lestari
a)      Setelah memahami isi materidalam bacaan berlatihlah untuk berfikir tinggi melalui tugas-tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
b)        Kerjakan UKB ini dibuku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang telah disediakan.
c)         Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjutmelalui kegiatan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam kegiatan belajarHakikat dan Peran Kimia dalam kehidupan serta Metode Ilmiahkalian boleh sendiri atau mengajak teman lain yang sudah siap untuk mengikuti tes formatifagar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.
2)       Kegiatan Belajar
Ayo……ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi  !!!


Selengkapnya dapat didownload di sini:

 

9 comments:

  1. isinya bagus sangat membantu memberikan contoh, terima kasih untuk ilmunya pak.

    ReplyDelete
  2. isinya bagus dan menarik, sangat membantu saya dalam belajar membuat ukbm, izin mendownload ya pak. terimakasih ilmunya,sangat membantu,semoga jadi amal jariyah aamiin.

    ReplyDelete
  3. ada kunci jawabannya tidak ya?

    ReplyDelete
  4. untuk yang semester2 bisa copi.mksh

    ReplyDelete