BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pesatnya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi diberbagai negara dan arus globalisasi yang merambah ke seluruh dunia
termasuk ke negara kita, menuntut kesiapan bangsa untuk mengikuti kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas sumber
daya manusia Indonesia. Untuk itu peranan sekolah dalam mempersiapkan pemuda
dalam era globalisai ini sangatlah penting. Yang dapat dilakukan sekolah adalah
dengan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, dengan cara memperbaiki kualitas
masukan (raw material input) melalui
proses, yang ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai, manajemen,
tingkat profesionalisme guru, yang pada akhirnya akan berdampak kepada mutu
keluaran (output) yang mampu
berkompetisi baik di tingkat Nasional, maupun di tingkat Internasional,
sehingga apa yang menjadi Visi dan Misi Sekolah Menengah Atas pada umunya dapat
direalisasikan sesuai dengan harapan yang menciptakan tenaga kerja tingkat
menengah yang terampil yang siap kerja dan diterima di dunia usaha dan dunia
industri. Hal ini sangat relevan dengan salah satu Misi Pendidikan Nasional
yaitu meningkatkan mutu pendidikan yang dimiliki daya saing di tingkat
Nasional, Regional dan Internasional.
Mutu pendidikan di Indonesia akan menarik
perhatian masyarakat, karena mereka sadar bahwa pertaruhan masa depan bangsa
ada di dalamnya terutama di saat memasuki era globalisasi ke depan.
Guru harus mampu memberikan keteladanan dan
mampu membangun kemauan serta mengembangkan potensi dan kreativitas peserta
didik. Guru tidak boleh tinggal diam tapi marilah berpacu menciptakan ide-ide
dan harus dapat menemukan ide-ide sehingga siswa kita tidak tertinggal dengan
siswa lain baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.
Guru harus mampu meningkatkan kualitasnya
agar mampu memberikan pelayanan yang optimal terhadap siswa, karena dengan arus
globalisasi yang semakin cepat dan pesat guru harus selalu berpacu menggali dan
berusaha mencari informasi agar tidak tertinggal dengan guru-guru yang lain baik
dengan guru-guru mata diklat yang sejenis maupun yang tidak sejenis.
B. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan
kegiatan MGMP Kimia SMA Kabupaten
Bireuen di Tahun 2016 adalah untuk memfasilitasi guru-guru Kimia SMA se-Kabupaten
Bireuen dalam meningkatkan kompetensi melalui program pelatihan guru pembelajar dengan moda daring
kombinasi.
1. Tujuan Umum
Program ini
bertujuan untuk:
a.
Meningkatkan
kompetensi guru baik kompetensi pedagogik maupun professional melalui
pemberdayaan MGMP
b.
Meningkatkan
performan guru sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya menjadi
contoh tentang ketangguhan, optimesme dan keceriayaan bagi peserta didiknya dan
memiliki kemampuan untuk terus belajar untuk mengembangkan potensi dirinya.
2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus ini adalah agar guru:
a.
Membagi
kesempatan untuk berbagi pengalaman
b.
Mengusai
kompetensi pedagogic dan professional sesuai dengan modul yang dipelajari
c.
Meningkatkan
pengetahuan dan ketrampilan serta ,mengadopsi pembaharuan dalam pembelajaran
yang lebih professional
d.
Memberdayakan
dan membatu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.
C. Manfaat
Manfaat
yang akan diperoleh dari kegiatan MGMP Kimia Kabupaten Bireuen di tahun 2016 ini adalah:
a.
Bagi
guru-guru Kimia yaitu terarahkannya proses peningkatan kompetensi profesinya.
b.
Bagi
Sekolah dan Dinas terkait yaitu terbantunya program sekolah/Dinas dalam hal
peningkatan kompetensi guru Kimia dan pengembangan karir di tahun 2016.
selanjutnya file proposal lengkap dapat didownload di sini
No comments:
Post a Comment