proposal PTK Biologi KELAS XI SMA MATERI SISTEM EKSKRESI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Pengalaman peneliti selama melaksanakan tugas sebagai guru di SMA Negeri 1 Jeunieb, hasil belajar siswa pada sistem ekskresi selama empat tahun terakhir selalu rendah. Sementara itu, proses pembelajaran yang terjadi berlangsung kurang aktif, jarang terjadi tanya jawab antara guru dan siswa, jikalau pun guru memberikan pertanyaan kepada siswa, sangat jarang ada siswa yang menjawab pertanyaan tersebut, suasana pembelajaran di kelas tidak hidup.
Berdasarkan hasil ulangan harian pada sistem ekskresi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jeunieb tahun pelajaran 2012-2013 yang lalu, dari jumlah siswa kelas XI sebanyak 24 siswa, hanya 7 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sesuai KKM dengan nilai 70 dengan persentase sebesar 29,17%. Sementara sisanya belum mencapai nilai ketuntasan yang telah ditetapkan. Hal ini menyebabkan guru harus melakukan remedial bagi siswa yang belum tuntas. Jika hal ini sering dilakukan, maka kemungkinan untuk dapat mengajarkan semua materi pelajaran sesuai tuntutan silabus tidak akan tercapai karena banyak waktu yang telah dihabiskan untuk memberikan remedial kepada siswa.
Idealnya pembelajaran pada sistem ekskresi harus mampu meningkatkan pemahaman siswa, terutama yang menyangkut dengan materi sistem ekskresi. Karena pelajaran tersebut berorientasi pada penanaman konsep yang bersifat implementatif dalam kehidupan sehari-hari.
Banyak faktor yang menyebabkan masih rendahnya mutu pembelajaran di kelas, khususnya pada materi sistem ekskresi. Seperti kurangnya dukungan orang tua, motivasi siswa yang kurang, kurang lengkapnya sarana prasarana yang bisa digunakan digunakan dalam pelajaran, maupun kurangnya kesempatan bagi guru untuk mengikuti pelatihan terhadap peningkatan kinerja guru. Tetapi salah satu faktor yang memegang peranan penting adalah strategi guru dalam memilih model pembelajaran.
Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Model pembelajaran PBI merupakan suatu model pembelajaran yang didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan autentik (nyata) sehingga siswa dapat menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuh-kembangkan keterampilan yang tinggi dan inkuiri, memandirikan siswa, dan meningkatkan kepercayaan dirinya (Trianto, 2009). Pada model ini, peran guru adalah mengajukan masalah, mengajukan pertanyaan, memberikan kemudahan suasana berdialog, memberikan fasilitas penelitian, dan melakukan penelitian.
Model PBI menuntut siswa lebih aktif. Karena dalam pembelajaran berdasarkan masalah siswa dilibatkan secara langsung dalam penyelidikan dan menemukan penyelesaian masalah, sehingga pada akhirnya siswa terbantu menjadi pebelajar otonom yang mampu membantu diri mereka sendiri, dalam memecahkan permasalahan yang dihadapinya.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis mencoba memperbaiki kualitas proses dan hasil belajar di SMA Negeri 1 Jeunieb khususnya pada materi sistem ekskresi yang diajarkan di kelas XI melalui suatu penelitian tindakan dengan menerapkan model pembelajaran PBI yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jeunieb Materi Sistem Ekskresi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction”.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1.     Apakah melalui penerapan model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI SMA Negeri 1 Jeunieb?
2.     Apakah melalui penerapan model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada materi sistem ekskresi yang diajarkan di kelas XI SMA Negeri 1 Jeunieb?

selengkapnya dapat di download di sini

No comments:

Post a Comment