proposal Biologi SMA STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PENYUSUN JARINGAN PADA TUMBUHAN MODEL DISCOVERY LEARNING



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Pengalaman penulis selama menjadi guru  di SMA Negeri 1 Jeunib, siswa mengalami kendala dalam memahami konsep materi jaringan pada tumbuhan. Hal tersebut telah terjadi selam bertahun-tahun, dan kendalanya selalu sama. Siswa tidak bisa menunjukkan berbagai macam struktur jaringan pada tumbuhan, tidak dapat membedakan berbagai macam struktur struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan menggunakan gambar, serta tidak bisa menjelaskan fungsi berbagai struktur struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan. Selama penulis menjadi guru kelas XI yaitu empat tahun terakhir, rata-rata ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan selalu rendah dan belum dapat mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan.
Selama ini penulis hanya menggunakan pembelajaran melalui metode ceramah dan tanya jawab dengan hanya menggunakan buku sebagai satu-satunya sumber belajar. Peneliti jarang menggunakan media power point dan media pembelajaran berbasis IT lainnya dalam kegiatan pembelajaran. Sementara siswa kurang fokus dengan materi yang peneliti sampaikan. Belum lagi ada beberapa siswa yang jarang membawa buku paket ke sekolah dengan alasan lupa, hilang dan lain sebagainya. Hanya beberapa siswa di depan yang memperhatikan penjelasan guru, sementara siswa yang posisi duduknya di belakang sibuk dengan kegiatannya masing-masing.
Proses pembelajaran khususnya pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan yang berlangsung selama ini kurang menarik. Kondisi kelas tidak hidup, pertanyaan yang penulis ajukan dalam pembelajaran kurang mendapat tanggapan dari siswa. Kebanyakan siswa hanya diam saja tidak memberi jawaban. Hanya satu dua siswa yang kadang-kadang menjawab dan jawabannya pun terkadang tidak sesuai dengan konteks pertanyaan.
Idealnya pembelajaran yang berlangsung dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Guru dapat menggunakan berbagai model pembelajaran yang inovatif, dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis IT dan dapat mengajarkan siswa melalui pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa. Sehingga siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Bertanya jika ada materi yang belum dipahami maupun menjawab pertanyaan yang diajukan guru, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada materi jarigan tumbuhan.
Salah satu model yang diterapkan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan adalah melalui penerapan model discovery learning. Discovery Learning adalah proses belajar yang di dalamnya tidak disajikan suatu konsep dalam bentuk jadi (final), tetapi siswa dituntut untuk mengorganisasi sendiri cara belajarnya dalam menemukan konsep. Menurut Suciati (2013) beberapa kelebihan model discovery learning anatar lain: Pengetahuan bertahan lama dan mudah diingat, hasil belajar discovery mempunyai efek transfer yang lebih baik dari pada hasil lainnya, meningkatkan penalaran siswa dan kemampuan untuk berpikir bebas, serta melatih keterampilan-keterampilan kognitif siswa untuk menemukan dan memecahkan masalah tanpa pertolongan orang lain.
 Berdasarkan latar belakang permasalahan seperti yang telah dipaparkan di atas, penulis mencoba meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 1 Jeunieb dengan melakukan suatu penelitian tindakan yang berjudul “Meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan melalui model discovery learning di kelas XI SMA Negeri 1 Jeunieb”.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1.     Apakah melalui model discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 1 Jeunieb?
2.     Apakah melalui model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 1 Jeunieb?

selanjutnya dapat didownload di sini

No comments:

Post a Comment