BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Pengalaman
penulis selama menjadi guru di SMA
Negeri 1 Jeunib, siswa mengalami kendala dalam memahami konsep materi jaringan
pada tumbuhan. Hal tersebut telah terjadi selam bertahun-tahun, dan kendalanya
selalu sama. Siswa tidak bisa menunjukkan berbagai macam struktur jaringan pada
tumbuhan, tidak dapat membedakan berbagai macam struktur struktur dan fungsi
sel penyusun jaringan pada tumbuhan menggunakan gambar, serta tidak bisa menjelaskan
fungsi berbagai struktur struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada
tumbuhan. Selama penulis menjadi guru kelas XI yaitu empat tahun terakhir,
rata-rata ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada materi struktur dan
fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan selalu rendah dan belum dapat
mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan.
Selama ini
penulis hanya menggunakan pembelajaran melalui metode ceramah dan tanya jawab
dengan hanya menggunakan buku sebagai satu-satunya sumber belajar. Peneliti
jarang menggunakan media power point dan media pembelajaran berbasis IT lainnya
dalam kegiatan pembelajaran. Sementara siswa kurang fokus dengan materi yang
peneliti sampaikan. Belum lagi ada beberapa siswa yang jarang membawa buku
paket ke sekolah dengan alasan lupa, hilang dan lain sebagainya. Hanya beberapa
siswa di depan yang memperhatikan penjelasan guru, sementara siswa yang posisi
duduknya di belakang sibuk dengan kegiatannya masing-masing.
Proses
pembelajaran khususnya pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada
tumbuhan yang berlangsung selama ini kurang menarik. Kondisi kelas tidak hidup,
pertanyaan yang penulis ajukan dalam pembelajaran kurang mendapat tanggapan
dari siswa. Kebanyakan siswa hanya diam saja tidak memberi jawaban. Hanya satu
dua siswa yang kadang-kadang menjawab dan jawabannya pun terkadang tidak sesuai
dengan konteks pertanyaan.
Idealnya
pembelajaran yang berlangsung dapat meningkatkan proses dan hasil belajar
siswa. Guru dapat menggunakan berbagai model pembelajaran yang inovatif, dapat
memanfaatkan media pembelajaran berbasis IT dan dapat mengajarkan siswa melalui
pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa. Sehingga siswa diharapkan dapat
lebih aktif dalam pembelajaran. Bertanya jika ada materi yang belum dipahami
maupun menjawab pertanyaan yang diajukan guru, yang pada akhirnya dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada materi jarigan tumbuhan.
Salah
satu model yang diterapkan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada
materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan adalah melalui
penerapan model discovery learning. Discovery Learning adalah proses belajar
yang di dalamnya tidak disajikan suatu konsep dalam bentuk jadi (final), tetapi
siswa dituntut untuk mengorganisasi sendiri cara belajarnya dalam menemukan konsep.
Menurut Suciati (2013) beberapa kelebihan model discovery learning anatar lain:
Pengetahuan bertahan lama dan mudah diingat, hasil belajar discovery mempunyai
efek transfer yang lebih baik dari pada hasil lainnya, meningkatkan penalaran
siswa dan kemampuan untuk berpikir bebas, serta melatih
keterampilan-keterampilan kognitif siswa untuk menemukan dan memecahkan masalah
tanpa pertolongan orang lain.
Berdasarkan latar belakang permasalahan
seperti yang telah dipaparkan di atas, penulis mencoba meningkatkan proses dan
hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada
tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 1 Jeunieb dengan melakukan suatu penelitian
tindakan yang berjudul “Meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi
struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan melalui model discovery
learning di kelas XI SMA Negeri 1 Jeunieb”.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang permasalahan di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah:
1.
Apakah
melalui
model discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi struktur dan
fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 1 Jeunieb?
2.
Apakah melalui
model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada materi struktur
dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 1 Jeunieb?
selanjutnya dapat didownload di sini
No comments:
Post a Comment