RPP larutan elektrolit



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                         : SMA Negeri 1 Bireuen
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas/Semester                        : X/2
Materi Pokok                          : Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 menit (1x pertemuan)

A.      Kompetensi Inti:
KI 3    :Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural           berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan             humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban            terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural    pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk     memecahkan masalah.
 KI 4   :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait    dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu            menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
3.8 Menganalisis sifat larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
a.       Menjelaskan pengertian larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
b.      Menganalisis sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya sesuai dengan data hasil percobaan.
c.       Menganalisis penyebab hantaran arus listrik pada larutan elektrolit.
d.      Menjelaskan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar
4.8 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk mengetahui sifat larutan elektrolit dan larutan non- elektrolit.
a.       Merancang dan melakukan percobaan proses sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit.
b.      Menyajikan hasil analisis sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit.
c.       Menyimpulkan hasil percobaan sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit.

C.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mengetahui adanya perbedaan sifat larutan elektrolit dan larutan nonelektrolitserta kegunaannya dengan sikap kerjasama, santun, toleran, sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.      Siswa dapat menganalisis sifat larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya dengan melakukan.
3.      Siswa dapat menyimpulkan dan menyajikan hasil percobaan dari sifat larutan elektrolit dan larutan non- elektrolit.

D.      Materi Pelajaran (rincian dari materi pokok)
1.      Pengertian larutan.
2.      Ciri-ciri hantaran pada arus listrik dalam berbagai larutan.
3.      Sifat-sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit.
4.      Hantaran arus listrik pada larutan elektrolit.
5.      Pengelompokan larutan elektrolit.

E.       Metode Pembelajaran (rincian dari kegiatan pembelajaran)
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Model              : Make a Match
3.      Metode            : ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan

F.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media : gambar (cetak) dan elektronik, rujukan
2.      Alat/Bahan : LCD, Lembar Kerja Siswa
3.      Sumber belajar:
Purba, Michael. 2006. Kimia Untuk SMA kelas X. Jakarta : Erlangga.
Sunarya, Yayan. Dan Setiabudi, Agus. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Kimia 1, Untuk Kelas X  Sekolah Menengah Atas/ Madrasah. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (3 x 45 menit)

selanjutnya dapat didownload lengkap di sini

No comments:

Post a Comment