RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Bireuen
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester :
X/2
Materi Pokok :
Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Alokasi Waktu :
3 x 45 menit (1x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti:
KI 3 :Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
3.8
Menganalisis sifat larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan
daya hantar listriknya.
a. Menjelaskan
pengertian larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan daya hantar
listriknya.
b. Menganalisis
sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya
sesuai dengan data hasil percobaan.
c. Menganalisis
penyebab hantaran arus listrik pada larutan elektrolit.
d. Menjelaskan
bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar
4.8 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta
menyajikan hasil percobaan untuk mengetahui sifat larutan elektrolit
dan larutan non- elektrolit.
a. Merancang
dan melakukan percobaan proses sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit.
b. Menyajikan
hasil analisis sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit.
c. Menyimpulkan
hasil percobaan sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mengetahui adanya
perbedaan sifat larutan elektrolit dan larutan nonelektrolitserta kegunaannya
dengan sikap kerjasama, santun, toleran, sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan
pengetahuan hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
2.
Siswa dapat
menganalisis sifat larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan
daya hantar listriknya dengan melakukan.
3.
Siswa dapat menyimpulkan dan menyajikan hasil percobaan
dari sifat larutan
elektrolit dan larutan non- elektrolit.
D.
Materi
Pelajaran (rincian dari materi pokok)
1.
Pengertian larutan.
2.
Ciri-ciri hantaran pada
arus listrik dalam berbagai larutan.
3.
Sifat-sifat larutan
elektrolit dan nonelektrolit.
4.
Hantaran arus listrik
pada larutan elektrolit.
5.
Pengelompokan larutan
elektrolit.
E.
Metode
Pembelajaran (rincian dari kegiatan
pembelajaran)
1. Pendekatan :
Scientific
2. Model :
Make a Match
3. Metode :
ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
F.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : gambar (cetak)
dan elektronik, rujukan
2.
Alat/Bahan : LCD,
Lembar Kerja Siswa
3.
Sumber belajar:
Purba,
Michael. 2006. Kimia Untuk SMA kelas X. Jakarta
: Erlangga.
Sunarya,
Yayan. Dan Setiabudi, Agus. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Kimia 1, Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/ Madrasah.
Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama (3 x 45 menit)
selanjutnya dapat didownload lengkap di sini
No comments:
Post a Comment